gravatar

Jejaring Sosial Permudah Penyebaran Virus

SAAT ini penyebaran virus semakin mengkhawatirkan. Kehadiran jejaring sosial pun mempermudah penyebaran virus tersebut. Hal ini cukup mengkhawatirkan karena pengguna jejaring sosial di Indonesia cukup tinggi.

Karena itu berbagai ahli keamanan komputer meminta para pengguna jejaring sosial untuk tetap berhati-hati dalam menggunakannya.

"Saat ini semua hal yang ada sangat mendukung untuk kehadiran kriminal di dunia maya. Target dari virus yang berkembang tidak lagi bagi organisasi tetapi menjadi lebih personal. Terlebih informasi pribadi menjadi sangat terpublikasi dengan kehadiran jejaring sosial.

"Jadi jejaring sosial ini membuka peluang terjadinya kriminalisasi dunia maya dalam memulai penyerangan terhadap target yang mereka incar," ujar Stefan Tanase, Senior Research Kaspersky Lab di Bali beberapa waktu lalu.

Tanase mencontohkan, pernah sebuah rumah kemalingan karena pemiliknya menuliskan status di jejaring sosialnya bahwa dirinya akan bepergian selama dua minggu.

Untuk itu salah seorang pendiri Facebook mengatakan dirinya tak pernah menerima pertemanan di jejaring sosial dengan seseorang yang tidak dikenalnya di dunia nyata. Karenanya kenalilah dengan benar teman yang ada di jaringan sosial. Sebab itu pun bisa membawa virus maupun dampak kurang baik.

Untuk menghadapi serangan virus dari berbagai arah ini, Tanase mengungkap bahwa dibutuhkan teknologi proteksi yang cukup proaktif. Untuk itu, Kaspersky Lab sedang mengembangkan sebuah produk yang diberi nama Sandbox. Produk ini mampu untuk memisahkan tiap-tiap data maupun akses internet yang dimiliki oleh pengguna.
sumber : www.okezone.com

Link Sahabat

Kategori

Pengunjung

free counters