gravatar

Korut Siap Untuk "Perang Suci"

SEOUL - Korea Utara (Korut) menyatakan mereka siap untuk melakukan "perang suci" dengan menggunakan senjata nuklir mereka. Pernyataan ini dikeluarkan di tengah rangkaian latihan militer Korea Selatan (Korsel). Latihan ini dimaksudkan sebagai pertunjukan kekuatan negara sekutu Amerika Serikat (AS) ini.

Seperti dilansir AFP pada Jumat (14/12/2010), Menteri Pasukan Bersenjata Korut Kim Young-chun juga mengulangi tuduhan yang menyebut latihan Korsel sebagai bentuk persiapan Perang Korea.

"Pasukan bersenjata Korut akan siap sepenuhnya untuk melakukan perang suci Korea, dengan memanfaatkan nuklir, demi keadilan kapanpun diperlukan. Ini sebagai respon dari sifat musuh kami yang membawa situasi perang semakin dekat," ujar Kim.

Ancaman tersebut muncul setelah Presiden Korsel Lee Myung-bak melakukan kunjungan ke kelompok tentara garis depan Korsel. Kim memperingatkan pasukannya agar waspada terhadap kemungkinan serangan baru Korut. Komentar Kim tersebut membuat Kementerian Luar Negeri AS menegur Korut karena dianggap telah bersikap agresif.
 
Setelah serangan ke Pulau Yeonpyeong pada 23 November lalu, Korut kembali menekankan kesiapan pasukannya untuk melakukan serangan lain yang lebih mematikan. Mereka mengklaim akan mengerahkan kekuatan udara di kesempatan selanjutnya.

Latihan Korsel berlangsung di Pocheon, sekira 30 kilometer di sebelah selatan perbatasan dengan Korut. Latihan tersebut berlangsung selama 40 menit dan melibatkan sekira 800 prajurit, 30 tank, 11 personel pengangkut persenjataan, enam pesawt jet, 36 meriam artileri, tiga riket jarak jauh, tujuh helikopter dan perlengkapan militer lainnya.
sumber : international.okezone.com

Link Sahabat

Kategori

Pengunjung

free counters