gravatar

Puluhan Hacker 'Rebutan' Lagu-Lagu Unreleased Artis

BERLIN - Di tengah investigasi terhadap dua hacker muda yang menjebol komputer selebriti, pemerintah Jerman justru menemukan sebuah komunitas yang mendedikasikan diri mereka mencuri lagu para artis yang tidak dirilis resmi (unreleased).

Agustus lalu, kepolisian Jerman menangkap Christian M (22) dan Deniz A (17) menyusul investigasi bocornya berbagai lagu unreleased di dunia maya. Lebih dari 50 artis diyakini menjadi korban kedua hacker tersebut, termasuk Lady Gaga, Mariah Carey, Leona Lewis dan Justin Timberlake. Bahkan, terdapat bukti bahwa beberapa diantara artis tersebut mengalami pemerasan.

Menurut laporan Der Spiegel, Jumat (28/1/2011), Christian dan Deniz merupakan bagian dari komunitas yang lebih besar, di mana mereka saling bersaing mencuri lagu-lagu unreleased dari penyanyi-penyanyi paling populer dunia.

Komunitas itu disinyalir memiliki lebih dari 100 anggota dan biasa berinteraksi melalui rmx4u.com, sebelum domain tersebut ditutup karena melanggar hak cipta.

Meski lagu-lagu yang dicuri itu 'hanya' dijadikan alat untuk mendongkrak status di hadapan anggota komunitas lainnya, pihak kepolisian Jerman menemukan bukti jika Deniz dan Christian menjual beberapa materi tersebut kepada para pembeli di Meksiko dan Uni Emirat Arab, demikian yang dilansir Softpedia.

Sebelum mencuri lagu, para hacker mengumpulkan informasi tentang artis yang bersangkutan serta teman-teman mereka melalui situs jejaring sosial. Kemudian, mereka akan mengirimkan email kepada artis tersebut dengan menyertakan Trojan yang disembunyikan dalam foto, ataupun email phishing dengan menggunakan nama perusahaan besar seperti Yahoo atau Apple. Hal ini dilakukan untuk mencuri password korban di dunia maya.
sumber : techno.okezone.com

Link Sahabat

Kategori

Pengunjung

free counters