gravatar

Kapal Perang Iran Akhirnya Lintasi Terusan Suez

ISMAILIA, MESIR - Dua kapal perang Iran akhirnya melintasi Terusan Suez di Mesir menuju Laut Mediterania, hari ini. Apa yang dilakukan militer Iran ini semakin membuat geram Israel.

“Mereka memasuki terusan pada pukul 05.45 (waktu setempat),” ujar seorang pejabat Pemerintah Mesir seperti dikutip Reuters, Selasa (22/2/2011). Terusan Suez merupakan rute pintas dari Timur Tengah menuju Eropa dan sebaliknya, tanpa harus melewati perairan selatan Afrika.

Mulut sebelah utara terusan hanya berjarak sekira 100 kilometer dari wilayah perairan Israel. Meski demikian dua kapal perang pengawal dan pengangkut logistik Iran itu menuju perairan Suriah.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sebelumnya mengatakan, Iran memanfaatkan kondisi di Timur Tengah yang tidak stabil, untuk memperkuat pengaruhnya.

“Kita bisa menyaksikan betapa tidak stabilnya wilayah kita saat ini. Dalam situasi ini Iran mencoba mengambil keuntungan dengan meningkatkan dan melebarkan pengaruhnya dengan mengirim dua kapal perang melalui Terusan Suez,” ujar Netanyahu dalam sidang kabinet, Minggu, 20 Februari lalu.

Karena itu, Israel mempersiapkan diri untuk mengantisipasi langkah-langkah yang akan dilakukan Iran. Israel, kata Netanyahu, harus mempersiapkan pengamanan terkait rencana-rencana Negeri Paramullah di kawasan tersebut.

Ini pertam kalinya kapal perang Iran mengarungi Terusan Suez sejak revolusi 1979.

Link Sahabat

Kategori

Pengunjung

free counters