gravatar

Mozilla: IE9 Bukan Browser Modern!

CALIFORNIA - Belum juga resmi diluncurkan, browser anyar Microsoft, Internet Explorer 9, sudah mendapat kritik dari kompetitornya, Mozilla.

Pengembang web browser populer Firefox itu mengklaim, IE9 bukanlah browser modern. Salah satu staf teknis Mozilla, Paul Rouget, bahkan membuat satu web page khusus dengan headline: "Apakah IE9 sebuah browser modern? TIDAK".

Rouget secara khusus menyindir pernyataan 'bangga' Microsoft terhadap standar web terbuka IE9 yang mendukung HTML5.

"Tes yang dilakukan Microsoft merujuk pada tes yang mereka lakukan selama pengembangan IE9. Tidak heran mereka lolos dari tes yang biasa mereka gunakan untuk mendesain dan mengembangkan browser itu. Kami juga mendapatkan hasil bagus pada unit tes kami sendiri," cetus Rouget sebagaimana dikutip PC Retail, Rabu (16/2/2011).

Pada web page nya, Rouget menyertakan sejumlah grafik yang merangkum hasil tes situs pihak ketiga caniuse.com dan beta.html5test.com. Dari hasil situs pertama, Rouget menuliskan jika Firefox 3.6 lebih baik ketimbang IE9. Sementara, hasil situs kedua memaparkan jika Firefox 3.5 melampaui IE9.

"Kenyataannya adalah, IE9 sudah terlambat dua tahun," ketus Rouget sambil menuliskan daftar panjang fitur-fitur yang tidak didukung IE9, termasuk Application Cache, Web Workers, HTML5 Forms, WebGL, serta beberapa fitur CSS3.

Perang antara Microsoft dan Mozilla agaknya akan terus berlanjut, mengingat keduanya tengah memasuki tahap pengujian beta terakhir sebelum meluncurkan IE9 dan Firefox 4.0.
 sumber : techno.okezone.com

Link Sahabat

Kategori

Pengunjung

free counters