gravatar

Mesin Pencari Google 'Hantam' Yahoo

SAN FRANCISCO - Google terus merajai pasar pencarian internet Amerika Serikat (AS) sepanjang Maret 2011, jauh melebihi kompetitornya seperti Yahoo, Ask dan AOL.

Ya, para pengguna internet masih mengandalkan Google untuk mencari informasi secara online. Berdasarkan data comScore, Google menguasai 65,7 persen dari query sepanjang Maret. Angka ini meningkat sedikit dari raihan 65,4 persen pada bulan sebelumnya.

Sementara itu, Yahoo harus puas hanya menjadi mesin pencari terpopuler kedua meski porsi query-nya menurun 0,4 persen menjadi 15,7 persen saat ini. Yahoo tampaknya harus waspada dengan mesin pencari milik Microsoft, Bing, yang mengalami pertumbuhan 0,3 persen menjadi 13,9 persen sepanjang Maret lalu.

Seperti halnya Yahoo, share kompetitor lainnya seperti Ask dan AOL juga mengalami penurunan sebanyak 10 persen. Ask mencatat share 3,1 persen dari total query, sementara AOL hanya menguasai 1,6 persen query. Demikian data yang dirilis oleh comScore sebagaimana dilansir Straits Times, Kamis (14/4/2011).

Status Google sebagai raja pencarian internet belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir. Apalagi, belum lama ini Google sudah mendapat lampu hijau untuk membeli perusahaan travel ITA Software yang akan memberikan perusahaan asal Mountain View itu peran penting dalam industri perjalanan online.

Link Sahabat

Kategori

Pengunjung

free counters