gravatar

Presiden Ceko Akan Dikirimi Ribuan Pena

Presiden Ceko diam-diam kantungi pena (Foto: Reuters)
PRAHA – Ada yang mengatakan pena lebih kuat daripada pedang. Jika itu benar, maka Presiden Ceko President Vaclav Klaus akan menjadi orang paling kuat.

Lebih dari 5.000 warga Ceko bergabung dalam kampanye di situs jejaring sosial Facebook yang akan mengirim Presiden Ceko ribuan pena. Sebuah video menunjukan Presiden Ceko dengan malu-malu mengantungi pena yang dianggapnya menarik selama upacara penandatanganan di Chili pekan lalu. Video tersebut dengan cepat menjadi sangat populer di internet.

Klaus mengatakan, adalah hal biasa bagi para pemimpin negara mengambil pena yang digunakan untuk menandatangani kesepakatan. Namun, cara Klaus menilai pena yang bertahtakan batu semi berharga dari Chili dan menyelipkannya secara diam-diam ke dalam sakunya saat duduk berdampingan dengan Presiden Chili Sebastian Pinera membuat Klaus mendapat ejekan dari beberapa rekan senegaranya.

“Bagi saya perilaku tersebut sangat tidak pantas dilakukan selama upacara resmi. Melakukan hal seperti itu di depan kamera televisi adalah tindakan gila,” ujar Vojtech Palous, seorang mahasiswa kedokteran dari Praha seperti dikutip Associated Press, Kamis (14/4/2011).

Para anggota yang bergabung dalam kampanye di situs jejaring sosial Facebook diminta untuk mengirim Presiden Ceko ribuan pena, pensil atau alat tulis lainnya pada 2 Mei. Alasannya, “Jelas sekali Presiden tidak memiliki alat untuk menulis,” ujar Palous yang akan mengirim parsel berisi berbagai koleksi pena.

“Kampanye ini sangat bagus karena banyak orang bisa mengungkapkan ketidaksukaan mereka atas apa yang dilakukan Klaus dan mereka bisa mengungkapkannya dengan cara yang cukup lucu,” ujar Palous.

Sementara itu Kementerian Luar Negeri Ceko menolak memberikan komentar ketika ditanya apakah video Klaus bisa merusak citra negara.

Link Sahabat

Kategori

Pengunjung

free counters