gravatar

Roy Suryo: Situs DPR Mungkin Dibobol Hacker

Situs DPR
JAKARTA - Terkait atas kejanggalan dengan muncul kata sandi aneh di page source situs DPR, Roy Suryo, pakar telematika sekaligus anggota DPR mengatakan hal tersebut bisa disebabkan oleh dua faktor, yakni perbuatan iseng admin/tim IT situs DPR atau dibobol hacker.

Apabila pengguna membuka page source situs DPR maka akan terlihat kata "thanKs buAt Seluruh raKyat nUSantara -ttd, webmastER dpr.go.i'd" di bagian paling bawah layar. Kata tersebut memang tidak ada yang janggal, namun apabila dicermati secara seksama terlihat bahwa huruf kapital di kalimat tersebut apabila digabung akan membentuk kata 'KASKUS'.



"Ini bisa saja adalah perbuatan iseng dari admin situs DPR. Tapi ada juga kemungkinan bobol karena hacker," ujar Roy di Jakarta, Senin (16/5/2011).

Roy Suryo menambahkan bahwa apabila itu adalah perbuatan iseng, maka tidak seharusnya dilakukan, mengingat seriusnya pemerintah menangani situs tersebut, terbukti dengan besarnya anggaran yang dikucurkan.

"Tapi selain faktor internal, faktor eksternal juga ada. Jadi kemungkinan bobol karena hacker juga ada," katanya. Seraya menjelaskan bahwa pada tahun 2010 situs DPR juga mendapat serangan hacker, yang membuat di situs DPR muncul gambar-gambar porno.

Roy Suryo mengatakan bahwa situs DPR seharusnya aman. "Perbuatan iseng sekecil apapun tidak boleh dilakukan di situs tersebut. Lalu apabila ini berasal dari faktor luar, maka perlu terjadi pula, karena anggaran untuk situs ini besar sekali," katanya.

"Tim IT dari situs DPR harus memberikan klarifikasi," tegas Roy.

Ketika ditanya mengenai indikasi kata 'Kaskus' dalam kata sandi di page source situs DPR, Roy Suryo menjawab bahwa tidak tahu menahu akan hubungan hal tersebut. "Tapi apabila hal tersebut dilakukan oleh orang Kaskus, maka isunya akan muncul di forum tersebut," ujarnya.

"Tapi yang salah tetap admin/tim IT situs DPR, karena mengapa bisa sampai kebobolan, anggarannya kan besar," timpalnya.

Roy Suryo menegaskan bahwa sebenarnya ketersediaan fasilitas untuk admin/tim IT di DPR sangat besar, namun penggunaannya sangat tidak maksimal.

Link Sahabat

Kategori

Pengunjung

free counters