gravatar

Irak Layangkan Surat Protes ke Turki

Foto : Angkatan Udara Turki (info-wars) 
BAGHDAD - Irak melayangkan surat protesnya ke Turki terkait masalah operasi Angkatan Udara Turki di wilayah utara Irak yang ditujukan untuk menggempur pemberontak Kurdi.

Surat tersebut diberikan kepada Duta Besar Turki di Irak, Murad Ozcelik, yang pada saat itu dipanggil ke Departemen Luar Negeri Irak.

Lewat surat itu, Pemerintah Irak mengecam tindakan Angkatan Udara Turki yang membombardir wilayah Irak. Irak juga menuntut agar Turki menghentikan serangan udaranya secepat mungkin. Demikian seperti diberitakan Hurriyet, Kamis (25/8/2011).

Serangan udara Turki dinyatakan sebagai serangan pertamanya ke bagian utara Irak pada tahun ini. Serangan Turki juga sudah menewaskan 100 pemberontak Kurdi yang tergabung dalam Partai Pekerja Kurdi (PKK).

Meski demikian pemberontak PKK mengklaim, kabar tewasnya 100 pemberontak adalah bohong dan tidak benar. Turki sebelumnya sudah berjanji akan melancarkan serangan ke wilayah tersebut hingga dapat melumpuhkan para pemberontak.

Amerika Serikat (AS) mendukung langkah yang diambil Turki. AS bahkan menyatakan, Turki berhak bertindak demi mengamankan dirinya dari ancaman pemberontak.

Link Sahabat

Kategori

Pengunjung

free counters