gravatar

48% Warga Turki Ingin Negaranya Bergabung ke Uni Eropa

Ilustrasi : turkeyforyou 
 ANKARA - Media massa Turki Today's Zaman melaporkan warga Turki yang mengingingkan negaranya bergabung dengan Uni Eropa semakin meningkat.

Berdasarkan survei, 48 persen warga Turki menganggap bergabung dengan Uni Eropa adalah pilihan terbaik.

Hasil survei yang dirilis oleh German Marshall Fund of the United States (GMF) mengungkapkan, opini publik yang terkait masalah Turki dan Eropa kian menghangat. Pada 2010 lalu, dukungan akan bergabungnya Turki ke Uni Eropa hanya mencapai 38 persen.

Banyak pula negara Eropa yang mendukung Turki agar bergabung dengan Uni Eropa. Para responden Eropa mengatakan keanggotaan Turki akan sangat membantu untuk menciptakan perdamaian di Timur Tengah. Demikian seperti diberitakan Panarmenian, Senin (19/9/2011).

Meski berdampak positif, Turki sebelumnya mengancam akan membekukan hubungan diplomatiknya dengan Uni Eropa bila Siprus menjadi Presiden Uni Eropa pada 2012 mendatang.

Siprus terbelah menjadi dua ketika Turki melancarkan serangan pada 1974 silam.
Siprus Turki yang terletak di bagian utara menjadi satu-satunya negara yang diakui oleh Turki. Sementara Siprus Yunani yang berada di selatan menjadi rival Turki.

Siprus Yunani merupakan Siprus yang diakui oleh masyarakat internasional dan digadangmenjadi Presiden Uni Eropa pada 2012 mendatang.

Link Sahabat

Kategori

Pengunjung

free counters