gravatar

Khadafi Akan Dikuburkan Secara Islam

Jasad Khadafi (Foto: Reuters)
MISRATA - Pemimpin de facto Libya menjanjikan bahwa Moammar Khadafi akan dikuburkan secara Islam hari ini. Prosesi penguburannya ini dilakukan sehari setelah dirinya tewas ditangan prajurit Dewan Transisi Nasional (NTC).

Sebelumnya tersirat kabar bahwa Khadafi akan dilakukan secara rahasia. Tidak jelas apakah pada pemakaman yang dilakukan hari ini, pihak pemerintah transisi Libya akan melanjutkannya dengan rahasia.

Khadafi tewas setelah dirinya diseret dari parit tempat dirinya menyelamatkan diri dari serangan pasukan NTC. Hingga saat ini masih belum jelas kejadian yang menyebabkan tewasnya Khadafi, mengingat dirinya sempat ditangkap dalam keadaan hidup.

Sebelumnya tubuh yang dipenuhi darah dan setengah telanjang dari Moammar Khadafi sudah berada di Misrata. Pemerintahan transisi mengatakan akan memberikan prosesi penguburan secara rahasia.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (21/10/2011), seorang pejabat Libya memastikan bahwa prosesi penguburan terhadap Khadafi akan dilakukan secara rahasia.

Khadafi adalah pemimpin Arab pertama yang terbunuh selama berlangsungnya Revolusi Arab. Dimana rakyat Arab menuntut dilakukannya revolusi atas kekuasaan autokratik dan menuntut didirikannya pemerintahan yang demokratis.

Pemimpin NTC Mustafa Abdul-Jalil dikabarkan akan mengumumkan kemerdekaan Libya secara resmi pada hari Sabtu 22 Oktober besok. Pengumuman ini akan dilangsungkan di kota Benghazi, dimana pergerakan melawan Khadafi dimulai pada pertengahan Februari lalu.

NTC sendiri mengklaim akan membentuk pemerintahan sementara dalam waktu sebulan. Sementara pemilihan umum akan dilakukan dalam jarak delapan bulan ke depan.

Sementara Perdana Menteri de facto Mahmoud Jibril yang mengkonfirmasi kematian Khadafi mengatakan, dirinya akan mundur dari jabatannya guna memberikan jalan agar proses demokrasi di Libya membuahkan hasil positif. 

"Pembentukan pemerintahan baru adalah tujuan utama NTC dan saya sendiri tidak akan ambil bagian dari pemerintahan baru tersebut," ucap Jibril.

Link Sahabat

Kategori

Pengunjung

free counters