gravatar

Iran Tembak Jatuh Pesawat Mata-Mata AS

Pesawat tak berawak AS (Foto: Reuters) 
TEHERAN - Militer Iran mengaku berhasil menembak jatuh sebuah pesawat mata-mata milik Amerika Serikat (AS). Iran menilai tertembaknya pesawat AS ini menunjukan pelanggaran wilayah udara Iran oleh AS.

"Sebuah pesawat pengebom jenis RQ-170 mata-mata milik AS ditembak oleh militer Iran. Pesawat itu mengalami kerusakan kecil dan kini berada dalam kendali militer," pernyataan seorang pejabat militer Iran seperti dikutipKantor Berita IRNA, Senin (5/12/2011).

Sementara pihak AS sendiri mengaku tidak mengetahui adanya indikasi bahwa pesawat itu ditembak jatuh. Iran pun mengeluarkan detil jenis pesawat yang mereka tembak jatuh.

Tetapi keterangan berbeda dikeluarkan oleh pihak militer AS yang berada di Afghanistan. Mereka menyatakan kemungkinan besar pesawat itu memang milik AS yang kehilangan kontak pekan lalu. Saat itu, pesawat kehilangan kontak ketika dalam misi ke wilayah tetangga Afghanistan.

Pesawat itu berjenis RQ-170 Sentinal dan dibuat oleh Lockheed Martin. Pesawat mata-mata ini biasa digunakan untuk mengawasi rumah persembunyian dari Osama bin Laden di Pakistan.

Pesawat mata-mata ini dilengkapi dengan teknologi stealth B-2, tetapi pihak AS tidak memaparkan ke publik mengenai pesawat tersebut.

Januari lalu, Iran juga mengklaim berhasil menembak jatuh dua pesawat tak berawak Iran. Sedangkan pada Juli, militer Iran memberitahukan kepada para ahli dari Rusia bahwa pesawat milik AS telah mereka tembak jatuh.

Di bulan yang sama politisi Iran Ali Aghazadeh Dafsari mengaku bahwa pasukan Garda Revolusi Iran berhasil menembak jatuh pesawat mata-mata AS yang mencoba mengambil informasi di lokasi pengayaan uranium.

Dafsari mengatakan, pesawat itu ditembak di dekat fasilitas nuklor Fordo di Kota Qom, pesawat itu dilumpuhkan oleh pertahanan udara Iran. 

Link Sahabat

Kategori

Pengunjung

free counters