gravatar

Obama Minta Iran Kembalikan Pesawat Pengintai

Foto : Televisi Iran menunjukkan pesawat AS yang jatuh di Iran (reuters)
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama meminta Iran untuk kembalikan pesawat mata-mata yang diklaim telah dijatuhkan Iran di wilayah mereka.

"Kami telah meminta mereka untuk kembalikan (pesawat) itu. Kami akan lihat bagaimana respons mereka," ungkap Obama seperti dikutip CNN, Selasa (13/12/2011).

Sebelumnya seorang pejabat militer Iran bersumpah untuk tidak akan mengembalikan pesawat tak berawak itu. 

"Tak ada negara dimanapun yang mengizinkan wilayahnya dimata-matai. Dan tidak ada negara yang akan mengembalikan peralatan mata-mata itu serta mengembalikan informasi ke negara pengintai," jelas Deputi Komandan Militer Iran Jenderal Hossein Salami.

"Tidak peduli dari mana pesawat mata-mata itu berasal dan negara mana yang bermaksud menyerang kami. Ini adalah bentuk invasi dan pelanggaran berat," tegasnya.

Salami sendiri menilai pesawat mata-mata AS itu sangat berharga bagi Iran. Dirnya menilai jatuhnya pesawat ini adalah sebagai bentuk kemenangan Iran terhadap hegemoni AS.

Pesawat mata-mata yang jatuh itu berjenis RQ-170 Sentinal dan dibuat oleh Lockheed Martin. Pesawat mata-mata ini biasa digunakan untuk mengawasi rumah persembunyian dari Osama bin Laden di Pakistan.

Pesawat mata-mata ini dilengkapi dengan teknologi stealth B-2, tetapi pihak AS tidak memaparkan ke publik mengenai pesawat tersebut.

Link Sahabat

Kategori

Pengunjung

free counters