gravatar

Somalia & Korut Negara Terkorup di Dunia

Foto : Pemimpin Korut Kim Jong Il (guardian)
BERLIN - Sebuah LSM dari Jerman Transparency International menyebutkan, Somalia dan Korea Utara (Korut) disebut sebagai negara terkorup di dunia.

Transparency International juga mengatakan, Inggris mendapat urutan ke 16 dalam daftar negara terkorup di dunia, dan Amerika Serikat (AS) mendapatkan urutan ke 24. Sementara itu, negara yang dinyatakan paling bersih adalah Selandia Baru.

LSM ini melakukan penelitian terhadap jumlah kasus penyuapan, penggelapan dana, dan aktivitas dari lembaga-lembaga anti-korupsi di pemerintah negara yang bersangkutan. Mereka juga kerap melakukan observasi lewat opini-opini dari sektor bisnis. Demikian seperti diberitakan Daily Mail, Senin (5/12/2011).

Korut dan juga Somalia merupakan dua negara yang mengalami krisis pangan yang cukup serius. Somalia terus dilanda kelaparan dan tidak memiliki pemerintahan yang efektif selama hampir 20 tahun, sementara itu Korut memiliki rezim komunis yang konon kabarnya selalu membelenggu rakyatnya sendiri. Korut juga hidup dengan sanksi internasional karena negeri komunis itu tidak mau menghentikan program nuklirnya.

Hingga saat ini kedua negara itu masih berjuang untuk mendapatkan bantuan pangan dari masyarakat internasional.

Salah satu kendala yang terjadi dalam pengiriman bantuan ke Somalia adalah adanya aktivitas militan Al Shabab yang kerap memblokir akses distribusi bantuan. Namun, bantuan pangan di Korut dikabarkan sering terblokir karena ulah pemerintah negara tersebut.

Link Sahabat

Kategori

Pengunjung

free counters