gravatar

Teknisi Iran Mulai Ambil Data dari Pesawat AS


TEHERAN - Para ahli Iran saat ini dikabarkan dalam fase terakhir untuk mengambil data dari pesawat mata-mata milik Amerika Serikat (AS) yang dikabarkan jatuh pekan lalu. 

"Data yang diperoleh dari pesawat itu akan digunakan untuk melayangkan tuntutan kepada AS, atas invasi yang dilakukan lewat pesawat mata-mata mereka," ungkap anggota Parlemen Iran Parviz Sourori seperti dikutip AFP, Selasa (13/12/2011).

Sourori juga mengklaim bahwa pihaknya mampu untuk mengambil data rahasia yang berda di dalam pesawat mata-mata itu, melalui keahlian teknisinya. Tetapi dirinya enggan memaparkan apa yang mereka lakukan terhadap pesawat tersebut.

Sebuah stasiun televisi nasional Iran menyebutkan bahwa pesawat mata-mata itu diketahui berjenis RQ-170. Pesawat mata-mata itu jatuh di dekat perbatasan dengan Afghanistan.

Pihak AS sendiri mengakui mereka telah kehilangan pesawat mata-mata. Presiden Barack Obama meminta Iran untuk mengembalikan pesawat mata-mata itu.

Kepada CNN Obama mengatakan bahwa pihaknya telah meminta Iran untuk mengembalikan pesawat itu. Tetapi AS hingga saat ini masih menunggu respons mereka Iran.

Sebelumnya seorang pejabat militer Iran bersumpah untuk tidak akan mengembalikan pesawat tak berawak itu. Mereka menilai pesawat mata-mata AS itu sangat berharga bagi Iran. 

Negeri Paramullah menilai jatuhnya pesawat ini adalah sebagai bentuk kemenangan Iran terhadap hegemoni AS.


Link Sahabat

Kategori

Pengunjung

free counters