gravatar

Daftar Kekayaan Presiden Amerika Part I

George Washington dalam pecahan 1 dolar (Foto: Daylife)
WASHINGTON - Menjadi seorang presiden tentunya membutuhkan biaya besar, terlebih mencalonkan diri sebagai presiden Amerika Serikat (AS). Beberapa dari mereka pensiun dengan mewariskan kekayaan banyak, tetapi ada juga yang pensiun dengan kondisi finansial bangkrut.

Setelah berbulan-bulan spekulasi, bakal calon Presiden dari kubu Partai Republik Mitt Romney mengkonfirmasi bahwa kekayaannya saat bernilai USD200 juta atau sekira Rp1,8 triliun (Rp9.040 per USD). Bila memang terpilih sebagai Presiden AS nantinya, Romney akan menjadi presiden terkaya AS.

Yahoofinance, Selasa (21/2/2012), membuat beberapa daftar mengenai 10 Presiden AS terkaya. Beberapa di antaranya ada yang tetap mewariskan kekayaannya tersebut. Tetapi ada juga yang berakhir dengan melarat. Berikut daftar-daftar Presiden AS terkaya:

1. George Washington
Presiden AS pertama ini diperkirakan memiliki kekayaan mencapai USD525 juta atau sekira Rp4,7 triliun. Presiden yang berkuasa pada 1789 hingga 1797 ini memiliki perkebunan di Mount Vernon yang terdiri dari lahan perkebunan terpisah hingga 8 ribu hektare, dan dikerjakan oleh lebih dari 300 budak.

Istrinya, Martha Washington dilaporkan diwariskan properti yang cukup besar dari ayahnya. Washington di kala itu memiliki penghasilan dari presiden lain, gajinya mencapai 2 persen dari total anggaran Pemerintah AS pada 1789.

2. Thomas Jefferson
Nilai kekayaan dari Presiden AS ketiga diperkirakan mencapai USD212 juta atau sekira Rp1,9 triliun. Jefferson diwarisi lahan sebesar 3 ribu hektare dan puluhan budak oleh ayahnya. Rumahnya, Monticello, dibangun diatas tanah seluas 5 ribu hektare yang disertai perkebunan di Virginia. Arsitektur rumah itu dianggap sebagai sebuah karya seni tak ternilai saat itu. 

Dirinya menghasilkan uang dari berbagai posisi strategis dalam kancah politik sebelum menjadi presiden. Tetapi Jefferson pada akhirnya terjerat utang hingga akhir hidupnya.

3. Theodore Roosevelt
Roosevelt diperkirakan memiliki nilai kekayaan yang mencapai USD125 juta atau sekira Rp1,1triliun dari obligasi. Presiden ke-26 AS ini terpaksa kehilangan sebagian besar uangnya dalam bisnis perkebunan di Dakotas dan bahkan harus bekerja sebagai penulis untuk membayar seluruh tagihan. 

Presiden yang memerintah dari 1901 hingga 1909 ini, menghabiskan masa tuanya dengan melayani masyarakat. Rumahnya di Sagamore Hill dengan seluas 235 hektare (ha), merupakan properti paling berharga di wilayah Long Island.

4. Andrew Jackson
Ketika dirinya dianggap selalu dekat dengan kalangan menengah ke bawah Amerika, Jackson diam-diam menjadi Presiden AS terkaya pada era 1800-an. Presiden biasa dikenal dengan "Old Hickory" menikah dengan perempuan kaya dan memiliki usaha di bidang militer. Rumahnya, The Hermitages, dibangun di atas lahan 1.050 ha dan memiliki sekira 300 budak. 

Jumlah kekayaannya diperkirakan mencapai USD119 juta atau sekira Rp1,07 triliun. Namun di akhir masa kejayaannya, Presiden ke-7 AS ini justru terjerat dengan utang yang besar.

5. James Madison

Madison adalah pemilik lahan terbesar di Orange County. Lahannya berkisar 5 ribu ha dan memiliki sebuah rumah yang dinami Montpelier. Kekayaannya meningkat saat menjabat sebagai menteri luar negeri dan presiden. Madison kehilangan seluruh uangnya di akhir hayatnya akibat perkebunannya yang merugi. Jumlah kekayaannya ditaksir mencapai USD101 juta atau sekira Rp913 miliar.
 
 
bersambung..... 
 
 
sumber : okezone

Link Sahabat

Kategori

Pengunjung

free counters