gravatar

China Remehkan Misil India

liu we
BEIJING - China tampak meremehkan uji coba peluncuran misil Agni-V yang dilakukan oleh India. Misil tersebut diprediksi sanggup menggempur Kota Beijing di China dan beberapa kota lainnya.

Pada pagi hari ini, India sudah menguji coba misil jarak jauhnya yang bahkan dinobatkan sebagai salah satu misil terbaik India. Namun, Negeri Panda itu hanya mengatakan, Negeri Bollywood sebagai tetangga raksasanya dan bukan rival dan mengesampingkan ancaman misil tersebut.

"China sudah menerima laporan peluncuran roket India. China dan India adalah negara besar yang sedang berkembang dan bukan negara yang saling bermusuhan," ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri China Liu Weimin, seperti dikutip AFP, Kamis (19/4/2012).

India dan China sempat terlibat dalam peperangan pada 1962 silam dan terus bergelut dalam sengketa wilayah. India bahkan pernah menaruh kecurigaan terhadap China yang mencoba mengembangkan pengaruhnya ke sejumlah negara.

India sebelumnya menegaskan, program misilnya tidak ditujukan untuk menghadapi atau mengancam negara manapun termasuk China. Misil itu dibangun dan diuji coba untuk perdamaian.

Meski demikian, China tampaknya masih mengungguli India dari sisi persenjataan. Misil antar-benua milik China juga diklaim sanggup menghantam banyak wilayah di India.

Sementara itu, misil India juga sanggup menghantam beberapa kota China serta Pakistan yang sering berseteru dengan India.

Link Sahabat

Kategori

Pengunjung

free counters