gravatar

Pangkalan Udara Rusia Amankan Asia Tengah

Foto : Menlu Rusia Sergei Lavrov (EPA)
MOSKOW - Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatkaan, basis militer Rusia yang terletak di Kota Kant, Kirgistan akan sangat berperan menjaga kestabilan di wilayah Asia Tengah.

Lavrov menegaskan bahwa Negeri Beruang Merah tidak memiliki agenda khusus dengan meletakkan basis Angkatan Udara di Kirgistan. Penempatan pangkalan udara tersebut juga dilakukan atas persetujuan Presiden Kirgistan Almazbek Atambayev. Demikian seperti diberitakan Trend, Jumat (6/4/2012).

Belakangan ini, komunitas internasional sempat menaruh kecurigaan terhadap Negeri Beruang Merah atas aktivitasnya terhadap Kirgistan. Rusia dituding mempersenjatai negara tersebut dengan perlengkapan militer seharga USD16 juta atau sekira Rp143 miliar. Rusia juga pernah meratifikasi perjanjian kerja sama pertahanan di perbatasan Tajikistan pada September 2011.

Tujuan Rusia memberikan persenjataan terhadap negara-negara kawasan Asia Tengah disebabkan karena Rusia masih kurang yakin atas kapabilitas negara-negara tersebut dalam mengatasi ancaman teror.

"Banyak tugas berat yang akan kami pikul. Kejahatan trans-nasional merebak di Kirgistan, kami mengetahui seberapa jauh pasukan perbatasan Kirgistan dalam menghadapi ancaman tersebut. Kami hendak mencoba untuk memperkuat kerja sama dan persabahatan kami," ujar pimpinan pasukan perbatasan Rusia Vladimir Pronichev.

Kirgistan sendiri sudah menganggap Rusia sebagai mitra terbaiknya. Kirgistan bahkan mendorong terjalinnya kerja sama antara Rusia dan bekas negara Uni Soviet di masa yang akan datang.

Link Sahabat

Kategori

Pengunjung

free counters