gravatar

Kazakhstan Resmikan Masjid Super Besar

Foto : Masjid Khazret Sultan (AP)
ASTANA - Kazakhstan resmikan masjid terbesar di wilayah Asia Tengah, untuk memperingati 14 tahun berpindahnya Ibu Kota Kazakhstan ke Kota Astana. Masjid besar itu bernama Masjid Khazret Sultan.

"Peringatan ini adalah peringatan untuk seluruh warga Kazakhstan. Saya mengucapkan selamat kepada kalian semua," ujar Presiden Kazakhstan Nursultan Nazarbayev, yang membuka masjid itu, seperti dikutip AFP, Senin (9/7/2012).

Masjid Khazret Sultan sanggup menampung 5 ribu orang jamaah karena masjid tersebut memiliki luas 27 hektar. Pembangunan masjid itu juga tak luput dari suka dan duka, saat masjid itu dibangun, kebakaran pun muncul dan menewaskan satu orang.

Kazakhstan merupakan yang memiliki perekonomian terkuat di Asia Tengah. Mayoritas warga di negara tersebut beragama Islam.

Nazarbayev adalah seorang yang sudah menjabat sebagai Presiden Kazakhstan, tepat setelah Kazakhstan memisahkan diri dari Uni Soviet pada 1991. Nazarbayev memindahkan Ibu Kota Kazakhstan dari Almaty ke Astana pada 1998 silam.

Kota Astana telah menjadi kota proyek kesayangan bagi Presiden Nazarbayev. Bangunan-bangunan baru terus bermunculan setiap tahun.

Link Sahabat

Kategori

Pengunjung

free counters