gravatar

Israel Kerahkan Pasukan Cadangan

Tank Israel (Foto: Reuters)
TEL AVIV - Menteri Pertahanan Israel Ehud Barak memberikan otorisasi pengerahan 30 ribu pasukan cadangan Angkatan Darat Israel. Pengerahan ini membuka peluang adanya serangan darat yang akan dilakukan oleh Israel ke wilayah Gaza.
Sebelumnya, militer Israel memperingatkan warga untuk dievakuasi dari wilayah yang menjadi ancaman serangan roket dari Gaza. Hingga kini, serangan roket tersebut mampu mengenai wilayah utara Tel Aviv.

Hingga Kamis (15/11/2012) malam waktu setempat, Hamas telah melesakkan lebih 350 roket ke wilayah Israel dari Gaza. Militer Negeri Yahudi itu berhasil memotong sekira 130 roket dengan sistem keamanan Kubah Besi. Pertempuran antara kedua belah pihak ini makin gencar setelah tewasnya komandan militer Hamas Ahmed Jabari.

Di wilayah Tel Aviv, warga setempat mulai mencari perlindungan setelah serangan makin intensif berlangsung. Kelompok Islamic Jihad mengatakan, pihaknya meluncurkan roket buatan Iran Fajr-5, yang diketahui memiliki jarak tempuh hingga 75 kilometer.

Menhan Israel Ehud Barak memperingatkan pejuang Hamas untuk tidak menyerang Tel Aviv. Menurutnya, serangan terhadap Tel Aviv dapat menimbulkan ancaman yang mengerikan kepada Palestina.

"Mereka akan membayar atas apa yang telah dilakukannya," ujar Barak, seperti dikutip BBC, Jumat (16/11/2012).

Laporan menyebutkan, beberapa bus berisi pasukan Israel dan truk yang membawa tank dan persenjataan berat, bergerak menuju wilayah perbatasan Gaza. Media Israel memperkirakan pengerahan kekuatan ini menunjukkan rencana serangan, namun pihak Militer Israel mengatakan, belum ada keputusan mengenai serangan tersebut.

Diberitakan 18 orang warga Palestina tewas dalam pertempuran kali ini, selain pejuang Palestina, korban tewas juga berasal dari warga sipil termasuk empat orang anak-anak. Sementara dari pihak Israel, ada tiga orang warga dilaporkan tewas akibat serangan roket pihak pejuang Palestina. Warga Israel yang tewas adalah mereka yang tinggal di sebuah apartemen.

Link Sahabat

Kategori

Pengunjung

free counters