gravatar

10 Negara Termiskin di Dunia



ilustrasi

Walaupun saat ini sudah banyak orang kaya tersebar di seluruh dunia namun saat ini masih banyak juga negara - negara yang sangat miskin dan kebanyakan negara - negara ini ada di benua Afrika.

Berdasarkan pendapatan per kapita berikut ini ada beberapa negara termiskin tahun 2013 seperti dikutip dari berbagai sumber.


Negara mana saja itu ? berikut daftarnya :

10. Afghanistan



Pendapatan per kapita masyarakat Afghanistan sebesar US$ 1.072,19 per tahun. Masuk urutan kesepuluh termiskin di dunia, Afghanistan saat ini dinilai sebagai negara yang masuk kategori daerah berbahaya di dunia. Banyak penduduk Afghanistan yang mengungsi dan mencari suaka ke berbagai negara. Negara ini masih dihadapi dengan aksi teroris sehingga mengganggu pertumbuhan ekonominya.

9. Madagaskar



Pendapatan per kapita masyarakat Madagaskar sebesar US$ 972,07 per tahun. Negara kepulauan ini merupakan pusat sumber hayati di dunia. Sebanyak 90% binatang liar di Afrika ada di negara ini. Hampir 90% masyarakat di Madagaskar hidup dengan penghasilan dibawah US$ 2 per hari.

8. Malawi



Pendapatan per kapita masyarakat Malawi sebesar US$ 893,84 per tahun. Negara secara geografis berada di wilayah Afrika Tenggara ini memiliki kontur wilayah yang sulit. Negara ini memiliki tingkat harapan hidup yang rendah dan angka kematian bayi yang tinggi. Penyebaran virus HIV di daerah ini juga sangat tinggi dan merata di seluruh wilayah.

7. Niger



Pendapatan perkapita masyarakat Niger sebesar US$ 853,43 per tahun. Niger yang berada di Afrika Barat ini memiliki kontur daerah yang sulit. Negara ini memiliki berbagai persoalan menyangkut infrastruktur, perawatan kesehatan, lingkungan hingga pendidikan.

6. Republik Afrika Tengah



Negara ini bisa dibilang terkucil di area Afrika Tengah dengan pendapatan sebesar US$ 827,93 per tahun. Negara ini dihadapi persoalan konflik yang berlangsung lama.

5. Eritrea




Eritrea merupakan negara relatif baru di Afrika, merdeka tahun 1991. Eritrea memiliki pendapatan per kapita US$ 792,13 per tahun. Negara ini memiliki pertumbuhan ekonomi cukup tinggi yakni tumbuh 8,7%. Namun pendapatan perkapita masyarakat didorong oleh transfer dari luar negeri.

4. Liberia





Negara yang berada di Afrika Barat ini memiliki pendapatan perkapita US$ 716,04 per tahun. Negara ini sejak tahun 1980 mengalami perang sipil berkepanjangan. Hal ini berdampak terhadap kondisi ekonomi negara itu bahkan telah menewaskan hingga 250.000 jiwa penduduk.

3. Burundi





Burundi yang berada di bagian Afrika Timur ini memiliki pendapatan per kapita US$ 648,58. Negara ini terbelenggu oleh perang berkepanjangan, korupsi, kebodohan hingga persebaran HIV.

2. Zimbabwe





Zimbabwe masuk ke negara yang cukup terisolasi di Afrika bagian Selatan. Negara yang dipimpin Robert Mugabe sejak tahun 1980 ini, didera kasus pelanggaran HAM hingga persoalan ekonomi. Negara ini memiliki pendapatan per kapita sebesar US$ 589,46 per tahun.

1. Republik Demokratik Kongo





Negara in memiliki pendapatan per kapita US$ 394,25 per tahun. Negara ini dinobatkan sebagai negara termiskin di dunia. Negara terluas kedua di Afrika ini, masih didera berbagai kekerasan terkait pengelolaan pertambangan. Meskipun memilik potensi besar di bidang pertanian, Kongo masih dihadapi persoalan gizi buruk dan tingginya angka kematian.

Nah itulah daftar negara - negara termiskin di dunia, Alhamdulillah negara tercinta kita ini tidak masuk daftar diatas. We Love Indonesia .



Link Sahabat

Kategori

Pengunjung

free counters