gravatar

10 Negara dengan Militer Terkuat di Dunia



ilustrasi militer terkuat

Satuan militer dianggap sebagai bagian penting untuk menjaga keamanan dan stabilitas suatu negara. Setiap tahun, pemerintah suatu negara bahkan rela menganggarkan dana yang sangat besar untuk memperkuat satuan militernya. Di antara negara-negara di seluruh dunia, 10 negara ini dinilai memiliki militer terkuat di dunia.

Berikut saya ungkap 10 negara dengan militer terkuat di dunia, seperti dilansir Worderslist, Senin (30/3/2015).




10. Jepang




Negeri sakura, Jepang, dilaporkan mempunyai pasukan militer yang mumpuni selama Perang Dunia II. Pemerintah Jepang memiliki lebih dari 247 ribu personel utama, dan 60 ribu personel cadangan dalam satuan militernya. Mereka juga mempunyai 1.595 pesawat tempur dan 131 kapal perang.

9. Korea Selatan





Negeri ginseng, Korea Selatan (Korsel), dilaporkan mempunyai pasukan militer dengan peralatan perang canggih. Hal itu disebabkan, karena Pemerintah Korea Selatan diketahui telah menganggarkan dana hingga 34 juta dolar AS. Korsel memiliki 640 ribu personel utama, dan 2,9 juta personel cadangan dalam satuan militernya. Mereka juga mempunyai 1.393 pesawat tempur, dan 166 kapal perang.

8. Turki





Walaupun Pemerintah Turki hanya menggelontorkan dana senilai 18,18 juta dolar AS untuk satuan militernya, mereka diketahui memiliki lebih dari 660 ribu tentara dan 1.000 pesawat tempur. Satuan militer Turki juga mengaku memiliki 16 ribu gudang senjata, dan punya hubungan diplomatik yang kuat dengan AS.

7. Jerman





Jerman adalah salah satu negara dengan kekuatan ekonomi terbaik di dunia. Kendati demikian, kekuatan pasukan militer Jerman dilaporkan telah mengalami penurunan dalam beberapa tahun terakhir. Meski demikian, jika dilihat dari jumlah personel dan peralatan militer milik Jerman, negera ini masih dinilai sebagai salah satu yang mempunyai satuan militer terkuat di dunia. Mereka mempunyai 183 ribu personel utama, dan 145 ribu personel cadangan dalam satuan militernya. Jerman juga mempunyai 710 pesawat tempur.

6. Perancis





Pemerintah Perancis diketahui memiliki satuan militer yang sangat kuat. Mereka memiliki 500 ribu personel utama dan 220 ribu personel cadangan dalam satuan militernya. Pemerintah Perancis juga dikabarkan memiliki beberapa senjata nuklir karena bergabung dengan NATO.

5. Inggris





Pemerintah Inggris yang tergabung dalam negara Uni Eropa sebenarnya berencana mengurangi jumlah pasukan militernya. Hal itu dilakukan untuk menghemat anggaran belanja negaranya. Kendati demikian, satuan militer Inggris dinilai tetap menjadi salah satu yang terkuat di dunia. Mereka memiliki 205 ribu tentara, 908 pesawat tempur, 66 kapal perang. Inggris juga mempunyai fasilitas pelatihan militer kelas dunia, dan 160 senjata nuklir.

4. India





Pemerintah India dilaporkan memiliki 1,325 juta tentara dalam satuan militernya. Mereka juga punya sekira 16 ribu kendaraan perang meliputi, 3.500 tank, 1.785 pesawat tempur, dan beberapa senjata nuklir. Pemerintah India dilaporkan telah menggelontorkan dana sebesar 46 juta dolar AS untuk perkuat satuan militernya.

3. China





Pemerintah China dilaporkan telah menganggarkan dana sebesar 126 juta dolar AS untuk satuan militernya. Mereka mempunyai 2,2 juta personel utama, dan 2,3 juta personel cadangan dalam satuan militernya. Ditambah dengan 2.800 pesawat tempur, 25 ribu kendaraan lapis baja, dan 300 senjata nuklir, membuat negeri tirai bambu ini sebagai satuan militer terkuat di Asia.

2. Rusia





Pemerintah Rusia diketahui telah menganggarkan dana sebesar 76 juta dolar AS untuk perkuat satuan militernya. Mereka mempunyai 766 ribu personel utama dan 2,5 juta personel cadangan dalam satuan militernya. Ditambah kendaraan perang yang mumpuni, yaitu 15 ribu kendaraan lapis baja, membuat Rusia dijuluki sebagai satuan militer yang punya kendaraan lapis baja terbanyak sedunia.

1. Amerika Serikat (AS)





Pemerintah AS dilaporkan telah menganggarkan dana sebesar 612 juta dolar untuk perkuat satuan militernya. Jika dihitung, dana sebesar itu dapat dikumpulkan oleh gabungan sembilan negara di atas. Pemerintah AS memiliki 1,4 juta personel utama dan 800 ribu personel cadangan dalam satuan militernya. AS mempunyai fasilitas pelatihan militer tercanggih di dunia. Mereka juga diketahui punya 7.500 hulu ledak nuklir. Tak heran, satuan militer AS dinilai sebagai yang terbaik di seluruh dunia.

Itulah peringkat negara dengan militer terkuat di dunia, semoga saja beberapa tahun lagi Indonesia bisa masuk 10 besar. Aamiin .

Link Sahabat

Kategori

Pengunjung

free counters