gravatar

Jet Tempur Inggris "Takut" Petir


F35-B Lightning

LONDON – Pesawat tempur terbaru Angkatan Udara Inggris (RAF) mempunyai teknologi canggih, dan merupakan pesawat termahal yang pernah dibuat untuk RAF. Sayangnya, pesawat F35-B tersebut tidak bisa terbang dalam cuaca buruk.

Kementerian Pertahanan Inggris telah melarang para pilot untuk menerbangkan pesawat berbiaya Rp1,9 triliun itu sejauh 45 kilometer dari badai petir. Bahkan saat berada di darat, jet tempur ini harus ditutup jika dilaporkan ada badai petir dalam jarak 17 kilometer. Hal ini dikarenakan petir dapat meledakkan tangki bahan bakar dan membuatnya dilalap api dalam hitungan detik.



Kekurangan lainnya terletak pada helm dan sistem informasi untuk pilot pada F35-B. Para pilot F35-B seharusnya dilengkapi dengan helm yang memungkinkan mereka memiliki pandangan 360 derajat dan menampilkan semua informasi yang mereka butuhkan pada kaca penutup helm.

Namun, fitur yang seharusnya menjadi kelebihan ini justru menjadi sebuah kelemahan karena sistem tampilan helm tersebut menghalangi pandangan 360 derajat pilot ke luar pesawat.

Lebih parah lagi, F35-B yang dikirim ke RAF tidak ada yang mampu mencapai kecepatan Mach-1 atau 1.158 kilometer jam karena masalah kestabilan.

“Saat mereka menamakan pesawat ini ‘Lightning (petir)’ saya pikir mereka tidak menyangka fenomena tersebut merupakan hal yang membuat pesawat ini tidak berguna. Lebih memalukan lagi tidak ada satu pun dari pesawat ini yang mampu memecahkan kecepatan suara,” kata Juru Bicara Scottish National Party (SNP), Angus Robertson, seperti dikutip Mirror, Sabtu (28/3/2015).

F35-B “Lightning II” yang menghabiskan biaya 100 juta poundsterling (Rp1,9 triliun) didesain untuk tidak terdeteksi radar. Bentuknya tidak memiliki sudut-sudut yang dapat membuatnya terdeteksi radar. F35-B juga dilapisi dengan lapisan khusus yang membuatnya sulit terdeteksi radar musuh.

Kecepatan maksimal pesawat ini mencapai 2.092 km/jam. Dapat menempuh jarak 2.333 kilometer tanpa perlu mengisi bahan bakar, pesawat ini dapat tinggal landas vertikal dan akan digunakan untuk serangan ke darat dan misi pengintaian.

Lightning II mampu mempunyai suhu mesin yang rendah, dan dapat membawa senjata internal yang tidak dipasangkan di sayap. Senjata yang akan disematkan pada pesawat ini antara lain roket air to air dan bom yang dipandu dengan satelit. F35-B adalah pengganti dari jet harrier.


sumber : okezone

Link Sahabat

Kategori

Pengunjung

free counters