gravatar

Pemimpin Negara Barat Takut Hadiri V-Day Rusia


foto : Sputnik

MOSKOW – Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov menyatakan, beberapa pemimpin negara-negara Barat takut untuk menghadiri Peringatan 70 tahun Kemenangan Uni Soviet atas Nazi pada Perang Dunia II, atau Hari Kemenangan (V-Day) pada 9 Mei 2015.

“Saya mendapat laporan beberapa kepala negara telah menyatakan ketidakhadirannya dalam undangan Peringatan V-Day pada 9 Mei 2015,” ujar Menlu Lavrov kepada stasiun TV Rossiya 24, seperti dikutip Sputnik, Rabu (29/4/2015).


“Beberapa menyatakan tidak hadir karena alasan ideologi. Sementara itu, saya yakin para pemimpin negara-negara Barat resmi menyatakan tidak hadir karena takut,” lanjutnya.

Baru-baru ini, Menlu Lavrov juga mendapatkan laporan bahwa Perdana Menteri (PM) Jepang, Shinzo Abe, juga tidak bisa memenuhi undangan ke Moskow. Sebuah sumber dalam Pemerintah Jepang melaporkan, karena situasi dalam negeri, PM Abe tidak punya pilihan lain selain batal menghadiri Peringatan Hari V-day Rusia.

Sebelumnya, seluruh pemimpin negara-negara Barat telah mengisyaratkan keengganan mereka untuk mengambil dalam perayaan V-Day Rusia pada 9 Mei 2015. Negara-negara tersebut terdiri dari Amerika Serikat (AS), Bulgaria, Polandia, Finlandia, Israel, Lithuania, Latvia, dan Estonia.

Link Sahabat

Kategori

Pengunjung

free counters