gravatar

Lagi, Jet Tempur Inggris Cegat Dua Pesawat Rusia


Pesawat RAF (foto: AFP )

LONDON – Bentrokan antara pesawat tempur Rusia dengan Inggris kembali terjadi. Dua pesawat tempur Rusia kembali dicegat jet tempur Royal Air Force (RAF) milik Inggris di Laut Baltik.

Pesawat tempur itu dikirim dari pangkalan udara milik Estonia pada Senin 8 Juni 2015. Mereka diterbangkan untuk memantau sebuah pesawat mata-mata yang terbang dekat wilayah udara Laut Baltik.


Pesawat mata-mata itu kemudian diketahui jenis An-26 Curl yang merupakan pesawat angkut Rusia. Hal tersebut diungkapkan Menteri Pertahanan Michael Fallon.

”Pencegatan terhadap pesawat militer Rusia oleh pesawat jet RAF, sekaligus menggarisbawahi komitmen kami terhadap NATO dan keamanan wilayah Baltik,” kata Fallon, seperti diberitakan Mirror, Rabu (10/6/2015).

Empat pesawat tempur memang dikirimkan ke Estonia pada Mei sebagai bagian dari misi untuk meningkatkan pertahanan di wilayah Baltik, menyusul pemberontakan yang terjadi di Ukraina bagian timur.

“Dalam hal ini, pesawat kami memberikan isyarat dan pihak Estonia yang memegang penuh kendalinya,” ungkap Komandan Detasemen, Penerbangan Letnan Paul Griffin.

“Pengendali Lalu Lintas Udara Estonia melihat ada pesawat di radar mereka dan mereka melakukan evaluasi. Apakah pesawat itu memiliki rencana penerbangan, serta mengevaluasi ketinggian dan kecepatan pesawat,” sambungnya.

sumber : okezone

Link Sahabat

Kategori

Pengunjung

free counters